Liga 1 Akan Pakai Wasit Asing, Begini Respons Klub

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.





Jakarta – Terobosan PT Liga Indonesia Mutakhir (PT LIB) yang menggunakan wasit asing ditanggapi positif oleh beberapa klub peserta Liga 1. Mereka mendukung demi kompetisi yang lebih baik.

PT Liga Indonesia Mutakhir (PT LIB) selaku operator kompetisi membuat terobosan dengan menggunakan wasit asing di putaran kedua Liga 1. Hal itu terkait dengan adanya masukan dari klub-klub peserta kompetisi terkait kinerja perangkat matchday yang ada kejadian ini.

Dari evaluasi yang telah dilakukan, wasit asing akan berperan 50 persen dari 7-9 matchday per pekannya. Mereka berperan sebagai wasit tengah.

(Baca juga: Di Putaran Kedua, Liga 1 Akan Pakai Wasit Asing)

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, menyambut baik pemakaian wasit asing ini. Menurutnya, ini merupakan kebijakan bagus yang diterapkan operator dan federasi.

“Top itu. Kebijakan bagus. Tapi, pemain dan ofisial jangan protes-protes saja berlebihan. Mereka harus mematuhi keputusan wasit, jangan banyak protes karena akan menurunkan citra kompetisi,” kata Gede dalam sambungan telepon dengan wartawan, Selasa (18/7/2017).

Hal yang sama diungkapkan CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin. Menurutnya, terobosan ini harus direspons positif oleh wasit-wasit lokal.

“Kenapa harus ada wasit asing berarti kan wasit lokal tidak bagus. Jadi jangan mencibir. Ini harus direspons positif oleh wasit lokal,” kata Munafri terpisah.

Usulan untuk menggunakan wasit asing sebenarnya sudah ada sejak 2011 atau kejadian kompetisi bernama Indonesia Super League. Tapi, kemudian wasit lokal dianggap masih mumpuni untuk memimpin matchday. Sampai akhirnya, keluhan soal perangkat matchday kembali muncul dan tahun ini kontemporer bisa diterapkan.

(mcy/mfi)


Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.