PSSI Umumkan Hasil Verifikasi Lisensi AFC Klub Liga 1 Sepekan Lagi

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.





Jakarta – Departemen klub lisensi PSSI terus memverifikasi 18 klub kontestan Liga 1. Hasilnya bakal diumumkan pada 17 Oktober 2017.

Verifikasi terhadap klub sudah dilakukan sejak Maret. Proses verifikasi itu tidak hanya untuk kepentingan kompetisi domestik tapi agar memenuhi lisensi klub Asia sebagai bekal tampil di ajang AFC.

Setelah pembekuan klub dicabut, Indonesia dijatah tiga slot di turnamen Asia, playoff Liga Champions dan dua di Piala AFC. Pendaftaran tim dijadwalkan November. Klub-klub yang berhak tampil didasarkan hasil akhir Liga 1 2017.

Menurut Manager Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigor Shalom Boboy, hanya ada tujuh klub yang telah melengkapi syarat administrasi sampai hari ini. Namun, dia tak mau menyebut nama-nama klub tersebut.

“Semua klub berproses, tapi seiring waktu, karena mungkin klub ada beberapa kendala, akhirnya hanya tujuh klub yang melengkapi semua dokomen yang diminta. Tapi terkait apakah sesuai dengan standar yang diminta AFC, ini yang modis kita lihat,” Tigor mengungkapkan.

[Baca Juga: Berpotensi Tampil di Asia, Legalitas Bhayangkara FC dan Madura United Belum Beres]

Makanya, Tigor belum dapat memastikan potensi terjegalnya Bhayangkara FC dan Madura United, yang berbadan hukum dan eksis, kurang dari dua tahun, untuk tampil di ajang Asia itu. Selain itu, klub harus memperhatikan 33 poin yang harus dipenuhi klub, termasuk lisensi pelatih kepala dan asisten pelatih, minimal lisensi A AFC.

[Baca Juga: Respons Bhayangkara FC tentang Legalitas Klub]

“Bukan sekadar kelengkapan, tapi ada detail yang juga harus dicermati. Seperti finansial, berbicara laporan keuangan klub mengirim, tapi terkait proyeksi finansial musim depan, ini yang terlihat klub kurang detail, ini yang ditakutkan akan mengganjal,” ujar Tigor.

Setelah pengumuman hasil verifikasi dilakukan, PSSI menyumbang kesempatan kapada klub yang tak lolos untuk melakukan banding. Lalu setelah semua tamat PSSI modis menyerahkan hasilnya kepada AFC pada 30 Oktober.

Berikut Agenda Lisensi AFC:

17 Oktober 2017: Pengumuman Hasil Verifikasi
17-20 Oktober: Banding jika ada yang berkeberatan dengan hasil verifikasi
27 Oktober: Pengumuman hasil sidang banding
30 Oktober: Penyerahan hasil kepada AFC

(ads/fem)


Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.