Rekor dan Catatan Spesial dari Stadion Berkapasitas 6 Ribu Kursi di Dublin

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.





Dublin – Dundalk bukanlah klub kondang di Eropa. Namanya pun belum familiar. Faktanya klub Irlandia Utara itu baru saja menorehkan rekor dinihari tadi, saat tampil pada laga kandang Liga Europa di stadion yang aslinya bukan markas mereka sendiri.

Di negara asalnya, Irlandia Utara, Dundalk sejatinya adalah tim top. Klub yang didirikan tahun 1903 tersebut kini main di League of Ireland Premier Division dan berstatus sebagai juara bertahan. Dundalk juga merupakan tim tersukses kedua, ditilik dari jumlah trofi yang dimenangi, dalam sejarah kompetisi League of Ireland.

Pun demikian, wajar jika nama Dundalk tak kedengaran di pentas Eropa. Dalam beberapa tahun terakhir memang lebih banyak tersisih di fase kualifikasi.

Sudah begitu, prestasi klub-klub Irlandia Utara di pentas Eropa tak bagus-bagus amat. Bahkan keberhasilan Dundalk mencapai fase playoff Liga Champions tahun 2016 ini, usai melewati BATE Borisov di babak ketiga, menjadikannya sebagai klub Irlandia Utara pertama yang mencapai babak tersebut.

Ketidakmampuan mengatasi Legia Warsawa di fase playoff itu membuat Dundalk kemudian harus berkompetisi di Liga Europa 2016-17. Setelah mengawali dengan meredam AZ dengan skor 1-1 di markas klub Belanda itu, Dundalk kemudian membuat kejutan dengan menang 1-0 saat menjamu klub Israel Maccabi Tel-Aviv di matchday 2, Jumat (30/9/2016) dinihari WIB.

“Dundalk mengejutkan Maccabi Tel-Aviv di Liga Europa untuk menjadi tim Irlandia pertama yang meraih kemenangan dalam fase grup sebuah pentas Eropa,” tulis BBC.

Selain rekor tersebut, ada kisah menarik lain di balik pencapaian Dundalk saat meraih kemenangannya itu. Yang pertama adalah fakta bahwa Ciaran Kilduff si pencetak gol tunggal kemenangan Dundalk sedang berulang tahun ke-28 di hari ketika ia menjebol gawang Maccabi.

[Reuters / Clodagh Kilcoyne]

“Ini adalah sebuah momen spesial,” kata Kilduff di IrishExaminer.com.

“Para rekan-rekan setim luar biasa sepanjang malam… sebelum tanding kami sudah mengatakan ingi menang dan kami mendapat hasil yang pantas malam ini,” lanjut pemain yang juga mencetak gol untuk Dundalk di matchday 1 lalu itu.

Lokasi pertandingan di Tallaght Stadium, Dublin, menjadi hal menarik lain dari kisah kemenangan Dundalk. Aslinya, klub tersebut bermarkas di Oriel Park, Dundalk, tapi stadion berkapasitas 4.500 kursi itu tidak memenuhi syarat untuk dipergunakan untuk pertandingan Eropa. Maka jadilah Dundalk boyongan ke Tallaght Stadium–bahkan sedari kualifikasi lalu.

Namun, menurut Independent.ie, Tallaght Stadium pun masih harus dipoles demi memenuhi standar dan ketentuan UEFA, dalam prosesnya mengurangi kapasitas kursi stadion tersebut menjadi sekitar 5.500 dari kapasitas awal sejumlah 6.000 kursi. Stadion tersebut terisi penuh dalam laga lawan Maccabi, dengan tiket pertandingan ludes terjual.

[Reuters / Clodagh Kilcoyne][Reuters / Clodagh Kilcoyne]

Berkat hasil atas Maccabi dinihari tadi, Dundalk juga berhak atas hadiah kemenangan berupa uang 360 ribu euro (Rp 5,2 miliar). Independent.ie menyebutnya, “3,5 kali lipat lebih banyak daripada yang mereka dapatkan saat menjuarai liganya musim lalu”.

Dengan tahun 2016 sudah menghadirkan banyak kisah romantis nan menginspirasi dalam dunia sepakbola berkat pencapaian Leicester, Islandia, dan Wales, menarik untuk dinantikan apakah Dundalk akan bikin kejutan lainnya.

(krs/raw)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published.